penyebab seringnya kencing


kencing

sedang duduk, sedang nonton tv tiba-tiba kebelet kencing padahal Anda merasa baru saja buang air kecil. Gangguan sering kecing (urinary frequency) atau poliuria ini ternyata dialami banyak orang.

Rata-rata setiap orang buang air kecil sebanyak tujuh kali sehari, jika lebih atau kurang dari itu bisa menandakan ada masalah. Banyak orang memilih menahan pipis karena alasan capek bolak balik ke kamar mandi.

Tapi sebaiknya jangan melakukan itu. Terlalu lama menunda buang air kecil bisa meningkatkan peluang terkena infeksi saluran kencing.

Kandung kemih yang sangat penuh akan merentangkan dan melemahkan otot-otot pengontrol buang air yang menyebabkan pengosongan kandung kemih yang tidak selesai. Urine lama yang tertinggal di kandung kemih merupakan lahan yang subur untuk tempat tumbuhnya bakteri.

Joan Liebmann-Smith Ph.D dan Jacqueline Nardi Egan dalam tulisannya Body Sign, How to Be Your Own Diagnostic Detective, mengulas beberapa penyebab sering kencing.

Sering kencing baik pada laki-laki maupun perempuan terutama kalau diiringi rasa haus adalah tanda peringatan awal yang sangat umum adanya diabetes.

Sering kencing juga merupakan tanda paling khas adanya suatu kehamilan.

Sering kencing juga menandakan adanya infeksi saluran kencing atau PMS.

Sedangkan pada perempuan lanjut usia (lansia) sering kencing adalah tanda menopause yang paling umum. Ketika tingkat estrogen turun, lapisan uretra menipis dan otot yang mengelilingi pelvis melemah.

Tetapi jika pada laki-laki lansia sering kencing mungkin tanda salah satu masalah prostat yang membesar atau benign prostatic hyperplasia (BHP). Pembesaran prostat menekan uretra dan menghalagi aliran urine. Akibatnya kandung kemih tidak bisa kosong dengan cepat atau seutuhnya dan laki-laki itu sering merasa ingin kencing lagi.

Sering kencing malam (nokturia) adalah peringatan terhadap reaksi terhadap obat-obatan yang dikonsumsi, minuman diuretik (menyerap air), penggunaan obat jantung atau obat psikitaris. Nokturia juga bisa menandakan penyakit ginjal bahkan gagal jantung.

Terlalu banyak minum cairan kafein, bir atau alkohol juga menjadi pemicu sering kencing.

Jika Anda mengalami infeksi saluran kencing maka tanda-tandanya adalah:

Rasa perih ketika pipis

Merasa perlu buang air lebih sering dari pada biasanya

Merasa perlu buang air tapi tidak bisa atau hanya keluar sedikit-sedikit

Urine yang bocor

Urine yang berbaru, berwarna keruh dan gelap.

Sedangkan kelainan kencing jika terkana pembesaran prostat tanda-tandanya adalah:

Sering buar air

Merasa terdesak untuk buang air

Urine tidak lekas keluar

Urine terus mengucur bahkan ketika merasa sudah selesai

Merasa seolah kandung kemih belum sepenuhnya kosong setelah buang air.

Normalnya, pada orang yang sehat, urine hampir steril dan tidak berbau ketika keluar dari tubuh. Urine yang sehat adalah yang bening, agak kuning dan tidak berbusa. Cara untuk membantu menghindari kencing yang tidak disengaja adalah melakukan senam Kegel. Latihan ini membantu menguatkan otot-otot bawah pelvis, yaitu otot yang mengontrol

adapun 10 Penyebab Sering Buang Air Kecil

Anda termasuk orang yang sering buang air kecil? sebaiknya Anda berhati-hati dengan ini dan ada baiknya juga Anda mempelajari penyebab kenapa Anda sering buang air kecil.

Berikut ini adalah 10 penyebab kenapa Anda sering buang air kecil.

1. Terlalu banyak minum

Banyak minum memang membuat badan menjadi sehat. tetapi minum terlalu banyak air (atau cairan yang lain) dapat membuat kita berkali-kali ke kamar mandi.

Untuk orang yang susah mengontrol keinginan untuk kencing (bahasa inggrisnya beser dan bahasa jawanya overactive bladder), disarankan untuk tidak minum lebih dari dua liter air atau cairan lainnya dan waktu minumnya disarankan di siang hari agar pada malam hari tidak terlalu sering bangun untuk pergi ke kamar mandi

2. Terlalu sedikit minum

ini kebalikannya dari yang kebanyakan minum, orang yang terlalu sedikit minum karena penyakit susah menahan kencing / beser / overactive bladder biasanya akan mengurangi minum.

Tapi ternyata ini sangat berbahaya! karena dapat membuat iritasi pada saluran kencing yang mengakibatkan orang jadi ingin ke belakang terus. walaupun minum delapan gelas perhari itu baik tetapi jika orang tidak mampu melakukannya, menurut para ahli hanya diperlukan minimal satu liter per hari untuk mencegah iritasi ini

3. Minuman Beralkohol

Bir, anggur, dan minuman-minuman beralkohol lainnya menyebabkan kita berkunjung ke kamar mandi lebih sering.

Walaupun alkohol sendiri sifatnya membuat kita dehidrasi pada tubuh tapi dehidrasi ini terjadi karena alkohol meningkatkan air kencing yang harus dikeluarkan tubuh. Selain itu, alkohol juga mengirimkan sinyal-sinyal ke otak untuk menyuruh kita kencing

4. Makanan dan Minuman Berkafein

Kafein menstimulasi organ-organ pembuangan untuk memproduksi lebih banyak urin. mengurangi jumlah konsumsi kafein ( kopi, teh, coklat, cola) dapat membantu kita untuk mengontrol keinginan kencing yang berlebihan. Cara lainnya adalah mencoba menggunakan produk kopi tanpa kafein

5. Makanan dan Minuman mengandung asam

Buah-buahan sebangsa jeruk dan minuman sari buah dari jeruk, kopi, teh, dan tomat dapat menimbulkan iritasi bagi organ-organ pembuangan. Walaupun konsumsi jus cranberry biasanya digunakan untuk menyembuhkan infeksi pada saluran kencing tetapi juga bikin kita kebelet kencing.

Mengurangi konsumsi makanan-makanan mengandung asam ini juga mengurangi heartburn (sensai panas di dada karena tingginya kandungan asam pada makanan yang dikonsumsi)

6. Minuman berkarbonasi

Minuman-minuman berkarbonasi bisa membuat iritasi organ-organ pembuangan yang sensitif. orang-orang yang susah menahan kencing sangat disarankan untuk menghindari minuman-minuman ini. Kombinasi minuman berkarbonasi dan beralkohol akan membuat keinginan buang air kecil semakin besar

7. Makanan-makanan Pedas

Makanan-makanan mengandung cabai, wasabi, dan sebangsanya akan membuat lidah kita terbakar dan mata berurai air mata. hal ini karena iritasi yang ditimbulkan oleh kandungan di dalamnya.

Iritasi juga terjadi pada organ-organ pembuangan. Untungnya iritasi ini hanya terjadi pada orang-orang tertentu saja.

8. Pemanis

Gula, Madu, dan pemanis buatan dapat mengiritasi organ pembuangan. Batasilah konsumsi pemanis-pemanis ini jika sering ke belakang karena pengaruh pemanis terhadap keinginan orang untuk buang air kecil bervariasi

9. Kombinasi dari nomor 3-8

Jangan mengonsumsi makanan dan minuman yang ada di nomor 3-8 seharian penuh atau bersama-sama, sudah dipastikan akan membuat anda ingin ke belakang

10. Obat-obatan

Beberapa obat misalnya obat penurun tekanan darah tinggi dapat mengakibatkan orang sering ke belakang, obat-obat yang lain juga banyak memiliki efek samping membuat orang sering ke kamar mandi.

kandung kemih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s