Tips Mencuci Sayuran Segar



Sayuran segar merupakan makanan sehat yang murah dengan kandungan gizi yang cukup lengkap. Namun, sayuran kini ditanam dengan menggunakan berbagai macam bahan kimia baik untuk mengusir hama maupun mempercepat pertumbuhannya. Biasakan untuk mencuci sayuran terlebih dahulu sebelum dikonsumsi, untuk menyingkirkan bahan kimia. Mencuci dengan benar selain membersihkan sayuran, juga sekaligus menjaga kandungan gizinya.

Berikut tips-tips mencuci sayuran segar:

  • Cucilah sayuran dalam keadaan utuh tidak terpotong-potong agar zat-zat “berharga” yang terkandung di dalamnya tidak ikut larut bersama air pencuci.
  • Gunakan air bersih yang mengalir untuk membersihkan daun dari zat kimia berbahaya dan membersihkan tanah yang masih menempel pada akar-akarnya.
  • Ketahui usia sayuran untuk meminimalkan kandungan zat kimia yang menempel pada batang/daunnya. Insektisida/pestisida sistemik yang digunakan pada saat merawat sayuran membuatnya lebih kebal terhadap hama namun membutuhkan waktu lebih lama untuk hilang dibandingkan dengan insektisida/pestisida.

Sayuran yang ditanam secara organik tanpa pupuk kimia maupun pestisida ataupun insektisida lebih mudah dibersihkan dan aman dikonsumsi. Namun, biaya perawatan yang mahal(bagi sebagian orang yang tidak mengerti) dan kondisi lingkungan yang sudah terlanjur “rusak” mengakibatkan harga sayuran organik umumnya bernilai jual lebih mahal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s