Manfaat Petai Bagi Kesehatan



Petai yang dikenal dengan nama latin Parkia speciosa, sebagian orang memilih tidak mengkonsumsi petai karena baunya :) . Tapi tahukah anda kalau petai menyimpan banyak manfaat bagi tubuh? Memang ada yang mengatakan petai berbahaya bagi penderita ginjal, ada juga yang mengatakan baik untuk ginjal. Tidak ada yang salah dari kedua pandangan ini, hanya perlu ditambahkan bahwa dalam mengkonsumsi segala sesuatu(makanan) sejauh itu tidak berlebihan akan ada manfaat yang dapat diambil oleh tubuh.

Petai berbahaya bagi ginjal, karena banyak mengandung asam amino, asam amino ini merupakan komponen penting dalam penyusunan protein. Bila konsentrasinya tinggi maka akan dibuang melalui ginjal, akibatnya protein yang berat molekulnya besar akan merusak saringan pada ginjal(akan ditemukan protein dalam urine). Gejala ini dinamakan proteinuria. Hal ini juga yang menyebabkan aroma yang tidak sedap pada urine. Karena asam amino kaya akan unsur Nitrogen dan unsur Sulfur yang akan diubah menjadi gas menjadi Amoniak (NH3) dan Hidrogen Sulfida (H2S) (menyebabkan kentut bau).

Petai mengandung anti oksidan yang baik, sehingga baik bagi tubuh. Organ tubuh yang berfungsi untuk membersihkan darah adalah hati dan ginjal. Darah banyak mengandung radikal bebas akibat lingkungan yang kotor / makanan yang tidak sehat. Untuk menangkal radikal bebas ini dibutuhkan antioksidan. Selain itu, karena petai mengandung asam amino salah satunya adalah triptofan, dalam tubuh akan diubah menjadi serotonin yang akan menurunkan tingkat stress dan membuat diri lebih tenang.

Petai  mengandung 3 macam gula alami yaitu sukrosa , fruktosa dan glukosa yang dikombinasikan dengan serat. Ketiga zat ini tidak lain adalah sumber energi bagi tubuh kita, sehingga banyak atlet yang menjadikan petai sebagai makanan favorit.

Berdasarkan penelitian dan survei, mengkonsumsi petai dapat menyembuhkan beberapa penyakit : tekanan darah tinggi, anemia, depresi, PMS(Premenstrual Syndrome), sembelit, juga bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan otak, mengurangi mual di pagi hari, menyembuhkan luka lambung.

Selamat mencoba manfaat petai.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s