BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Dewasa ini , semakin sering terjadi kasus – kasus miras(minuman keras) oplosan yang sangat meresahkan warga masyarakat. Tentu masyarakat harus mengetahui dampak yang ditimbulkan oleh miras oplosan ini. Untuk itu tentu kita harus sedikit tidaknya mengetahui bahan-bahan(kandungan) kimia berbahaya dalam miras oplosan tersebut.

Miras oplosan yang banyak mengandung zat-zat(bahan) kimia seperti etanol,methanol,alkohol,bahkan ada yang mengandung obat nyamuk(insektisida),sampo dan zat-zat lain tentu dapat membahayakan kita bahkan dapat merenggut nyawa. Seperti yang belakangan terjadi di beberapa daerah di Indonesia,bahkan di Bali.

Untuk itu setidaknya melalui makalah ini ,kita mengetahui dan memahami, apa itu miras oplosan serta dampak dan kandungan yang terdapat dalam miras oplosan itu. Agar kita tidak terjerumus dalam miras oplosan.

1.2 Rumusan Masalah

1.2.1 Apa itu miras oplosan?
1.2.2 Kandungan/ bahan kimia apa yang terkandung dalam miras oplosan?
1.2.3 Apa itu methanol serta apa efek yang ditimbulkan oleh methanol?
1.2.4 Apa dampak dari mengkonsumsi miras oplosan secara berlebih?
1.2.5 Mengapa orang-orang banyak yang meminum miras oplosan?

1.3 Tujuan Penulisan
1.3.1 Tujuan Umum:
Adapun tujuan penulisan makalah ini, yaitu:
1. untuk mengetahui apa itu miras oplosan.
2. untuk mengetahui kandungan yangterdapat pada miras oplosan.
3. untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan oleh miras oplosan.
4. Untuk mengetahui apa itu methanol serta apa efek yang ditimbulkan oleh methanol
5. Untuk mengetahui mengapa orang-orang banyak yang meminum miras oplosan.

1.3.2 Tujuan Khusus
Adapun tujuan khusus pembuatan makalah ini yaitu untuk memenuhi tugas kimia organik yang diberikan oleh bapak pengampu mata kuliah kimia organik sebagai syarat dalam menunjang nilai kimia organik.

1.4 Metode Penulisan

Makalah ini dibuat dengan menggunakan metode kepustakaan dengan membaca literature melalui media internet dan sumber lain seperti surat kabar dan buku.

BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Pengertian

Miras (minuman keras) merupakan minuman yang mengandung kadar alcohol yang tinggi. Miras oplosan merupakan minuman keras yang dibuat dengan menggunakan kadar alcohol yang lebih tinggi dari miras biasa. Selain itu ada pula yang membuat miras oplosan dengan meniru minuman keras yang terkenal seperti vodka dan minuman lain. Campuran miras oplosan sangat bermacam-macam seperti arak bali dicampur dengan minuman berenergi , obat-obatan , dan zat-zat lain yang sangat berbahaya bagi kesehatan .

2.2 Kandugan/ bahan kimia yang terdapat dalam miras oplosan

Dari berbagai hasil patroli serta investigasi dari berbagai daerah oleh beberapa pihak, seperti kepolisian dan lembaga social serta dari keterangan penjual,produsen,serta konsumen, miras oplosan itu umumnya mengandung kadar alcohol yang tinggi dimana minuman beralkohol ini dicampurkan dengan zat-zat berbahaya.

Dari waktu ke waktu korban minuman keras (miras) oplosan terus berjatuhan, ada yang menjadi buta dan bahkan meninggal dunia. Apa saja jenis oplosan miras yang sering dibuat dan apa bahayanya?
Hingga kadar tertentu, sebenarnya alkohol dapat membantu menjaga kesehatan. Namun jika berlebihan, minuman ini bisa menyebabkan keracunan. Risiko tersebut meningkat ketika alkohol atau miras dioplos dengan berbagai bahan berbahaya.
Berikut ini adalah beberapa jenis oplosan miras yang sering dibuat, beserta risiko kesehatan yang dapat ditimbulkan seperti diakui para pemakainya ketika ditanya detikHealth, Jumat (11/6/2010).
Miras yang sering digunakan biasanya vodka, anggur merah beralkohol, anggur putih beralkohol dan bir.
1. Miras dengan minuman berenergi
Untuk mendapatkan cita rasa yang lebih baik, penggemar minuman keras sering menambahkan suplemen minuman berenergi ke dalam minumannya. Oplosan ini sering disebut ‘Sunrise’, dan bisa mengurangi rasa pahit pada bir atau rasa menyengat pada alkohol yang kadarnya lebih tinggi.
Meski kadar alkohol menjadi sedikit berkurang, efek samping yang lain akan muncul dalam pengoplosan ini. Dikutip dari detikBandung, Jumat (11/6/2010), ahli farmasi dari ITB, Joseph I Sigit mengatakan bahwa alkohol dan minuman berenergi memiliki efek berlawanan. Alkohol bersifat menenangkan, sedangkan suplemen berfungsi sebagai stimulan. Jika digabungkan, efeknya bisa memicu gagal jantung.
2. Miras dengan susu
Salah satu jenis oplosan yang sering menyebabkan korban tewas adalah ‘Susu macan’ (Lapen), yakni campuran minuman keras yang dicampur dengan susu. Jenis minuman ini banyak dijual di warung-warung miras tradisional.
Adi (nama samaran), salah satu pelanggan warung semacam itu mengakui adanya risiko keracunan pada susu macan. Ketika dihubungi detikHealth, pria asal Yogyakarta ini mengatakan bahwa penyebab keracunan umumnya bukan susu melainkan jenis alkoholnya. Karena umumnya menggunakan alkohol tradisional, maka jenis dan kadarnya tidak diketahui oleh pelanggan.
3. Miras dengan cola atau minuman bersoda
Salah satu oplosan yang cukup populer adalah ‘Mansion Cola’, terdiri dari Vodka dicampur dengan minuman bersoda. Tujuannya semata-mata untuk memberikan cita rasa atau menutupi rasa tidak enak pada minuman keras.
Salah satu penggemar Mansion Cola adalah Yono (nama samaran), mahasiswa semester akhir di Yogyakarta. Menurutnya, selama jenis alkohol yang digunakan aman dan tidak berlebihan maka tidak ada risiko untuk mencampurnya dengan cola ataupun sari buah. Yono mengaku mengoplos sendiri Mansion Cola sejak tahun 2003, dan belum pernah menyebabkan jatuhnya korban keracunan.
4. Miras dengan spiritus atau jenis miras yang lain
Di warung-warung tradisional, pengoplosan beberapa jenis minuman keras dilakukan untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Minuman yang harganya mahal seperti Vodka dicampur dengan spiritus, atau jenis minuman keras lain yang tidak jelas kandungan alkoholnya.
Jenis alkohol yang aman dikonsumsi hingga jumlah tertentu adalah alkohol dengan 2 atom karbon atau etanol. Sementara alkohol dengan satu atom karbon atau metanol umumnya digunakan sebagai pelarut atau bahan bakar, sehingga sangat beracun jika diminum. Dikutip dari Medschl.cam.ac.uk, 10 mL methanol cukup untuk menyebabkan kebutaan dan 30 mL akan menyebabkan dampak lebih fatal termasuk kematian.
5. Miras dengan obat-obatan
Dengan anggapan akan mendongkrak efek alkohol, beberapa orang menambahkan obat-obatan ke dalam minuman keras. Mulai dari obat tetas mata, obat sakit kepala, hingga obat nyamuk. Karena akan meningkatkan aktivitas metabolisme, efek samping paling nyata dari jenis oplosan ini adalah kerusakan hati dan ginjal. Efek lainnya sangat beragam, tergantung jenis obatnya.
Menurut Yono, seseorang yang mencampur obat-obatan ke dalam minuman keras biasanya bukan penikmat alkohol. Tujuannya jelas hanya untuk mendapatkan efek memabukkan, atau sekedar unjuk keberanian alias adu nyali.(detikhealt)
2.3 Methanol serta efek yang ditimbulkan oleh methanol
Methanol(CH3OH;metyl alcohol;carbinol;alcohol kayu) diperoleh dari distilasi destruktifkayu.merupakan merupakan alcohol yang paling sederhana, dengan rumus kimia CH3OH, beratmolekul 32,04, titik didih 64,5 C(147F), bersifat ringan, mudah menguap, tak berwarna, mudahterbakar, beracun dan berbau khas. Methanol digunakan sebagai bahan penambah bensin, bahanpemanas ruangan, pelarut industry, pada larutan fotokopi, serta sebagai bahan makanan untukbakteri yang memproduksi protein. Keracunan methanol sering terjadi di Negara kita dan dapatmenyebabkan meningkatnya morbiditas dan mortalitas. Methanol paling banyak dijumpai dalamrumah tangga dalam bentuk “canned heat” atau cairan pembersih kaca mobil

Methanol dapat diabsorbsi kedalam tubuh melalui saluran pencernaan, kulit dan paru-paru.Methanol didistibusikan secara luas dalam cairan tubuh dengan volume distribusi 0,6 L/kg.Methanol secara perlahandimetabolisme di hati. Sekitar 3% dari methanol diekskresikan melalui paru atau diekskresi melalui urin.

Methanol beracun melalui dua mekanisme. Pertama methanol yang telah masuk kedalamtubuh baik melalui, menelan menghirup atau diserap melalui kulit dapat menekan saraf pusatseperti yang terjadi pada keracunan etanol. Kedua methanol beracun setelah mengalamipemecahan oleh enzim alcohol dehidrogenase di hati menjadi asam format dan formaldehida.Dosis yang berbahaya dapat terjadi bila seseorang terekspos terus menerus terhadap uapmethanol atau cairan methanol tanpa menggunakan pelindung. Dosis yang mematikan adalah100-125 ml (4fl oz).

Cara kerja methanol sama dengan cara kerja etanol. Methanol lebih bersifat toksikdibandingkan dengan etanol. Toksisitas methanol semakin meningkat disebabkan olehstukturnya yang tidak murni. metanol diekskresikan secara lambat di dalam tubuh dan kemudiansecara kumulatif methanol dapat bersifat toksik di dalam tubuh. Selama penelanan methanolsecara cepat diabsorbsi dalam traktus gastrointestinal dan dimetabolisme dihati. Pada langkahpertama dari degradasi, methanol diubah menjadi formaldehid oleh ensim alcohol dehidrogenase.Reaksi ini lebih lambat dari reaksi kedua, oksidasi dari formaldehid menjadi asam format olehensim aldehid dehidrogenase. Oksidasi ini berlangsung cepat sehingga hanya sedikit formaldehidyang terakumulasi dalam serum. Hal ini menjelaskan latensi dari gejala antara penelanan dantimbulnya efek. Waktu paruh dari formaldehid adalah sekitar 1-2 menit.

Asam format kemudian dioksidasi menjadi karbondioksida dan air oleh tetrahidrofolat.Metabolism dari asam format sangat lambat sehingga dapat terakumulasi di dalam tubuh yangmenimbulkan asidosis metabolic. Asam format juga menghambat respirasi seluler sehinggaterjadi asidosis laktat.

Kecepatan absorbsi dari methanol tergantung dari beberapa factor, dua factor yang palingberperan adalah konsentrasi methanol dan ada tidaknya makanan dalan saluran cerna. Methanoldalam bentuk larutan lebih lambat diserap dibanding dengan methanol yang murni dan adanyamakanan dalam saluran cerna terutama lemak dan protein akan memperlambat absorbsimethanol dalam saluran cerna. Setelah diabsorbsi, methanol didistribusi ke seluruh jaringan dancairan tubuh kecuali jaringan lemak dan tulang, disini konsentrasi methanol paling rendah.Konsentrasi methanol di dalam darah mencapai maksimum kira-kira setengah sampai satu jam setelah methanol dikonsumsi. Konsentrasi methanol di dalam otak setelah tercapai keseimbanganadalah lebih sedikit dibanding dengan konsentrasi di dalam darah.5

Methanol yang telah diabsorbsi, dimetabolisme di dalam tubuh didalam hepar melaluiproses oksidasi. Secara normal, tubuh dapat memetabolisme 10 gms methanol murni. jikadikonsumsi berlebihan, konsentrasi methanol dalam darah akan meningkat dan orang tersebutakan mulai menunjukkan keluhan dan gejala keracunan alcohol, kecuali orang tersebut telahmengalami toleransi terhadap methanol. Methanol dalam jumlah yang maksimum yaitu 300 mlmethanol murni, dapat dimetabolisme dalam tubuh dalam 24 jam. Keracunan methanol dapatmenyebabkan gangguan pada hepar dan ginjal

2.4 Dampak mengkonsumsi miras oplosan secara berlebih
Dari berbagai kasus-kasus yang terjadi di berbagai daerah di Indonesia dapat diketahui miras oplosan efek miras oplosan antara lain:

• Efek samping paling nyata dari jenis oplosan yang mengandung obat-obatan adalah kerusakan hati dan ginjal. Efek lainnya sangat beragam, tergantung jenis obatnya.
• Alkohol dengan satu atom karbon atau metanol umumnya digunakan sebagai pelarut atau bahan bakar, sehingga sangat beracun jika diminum. Dikutip dari Medschl.cam.ac.uk, 10 mL methanol cukup untuk menyebabkan kebutaan dan 30 mL akan menyebabkan dampak lebih fatal termasuk kematian.
• Adanya risiko keracunan pada susu macan. Ketika dihubungi detikHealth, pria asal Yogyakarta ini mengatakan bahwa penyebab keracunan umumnya bukan susu melainkan jenis alkoholnya. Karena umumnya menggunakan alkohol tradisional, maka jenis dan kadarnya tidak diketahui oleh pelanggan.
• Alkohol dan minuman berenergi memiliki efek berlawanan. Alkohol bersifat menenangkan, sedangkan suplemen berfungsi sebagai stimulan. Jika digabungkan, efeknya bisa memicu gagal jantung.
• Mengkonsumsi miras oplosan secara berlebihan secera terus menerus dapat merusak jaringan saraf.
• Tentunya jika dikonsumsi secara berlebihan dan terus-menerus miras oplosan dapat menyebabkan kematian. Seperti beberapa kasus yang terjadi di berbagai daerah.
2.5 Penyebab orang-orang banyak yang meminum miras oplosan
Banyaknya orang yang menjadi pecandu miras oplosan tak dapat lepas dari faktor kejiwaan, pengaruh lingkungan, faktor ekonomi, serta kurangnya pemahaman tetang bahaya dari miras oplosan tersebut.
Faktor jiwa seseorang sangat membuat banyak orang terjerumus dalam jeratan miras. Dimana banyak anak muda merasa hebat, percaya diri, dan berani apabila sudah mengkonsumsi miras oplosan. Padahal tidak ada hubungannya,bahkan itu cendrung merugikan. Namun mereka tidak sadar sebab sudah terpengaruh oleh emosi atau gejolak jiwa. Selain itu banyak juga pemuda terjerumus dalam pelukan miras karena jiwa yang labil, seperti setelah frustasi setelah putus cinta, atau broken home, sehingga mereka meluapkan gejolak jiwanya dengan minum miras atau bahkan miras oplosan, akhirnya lama- kelamaan menjadi kecanduan miras.
Pengaruh lingkungan juga memberikan pengaruh terhadap perkembangan seseorang atau prilaku seseorang. Dalam hal ini tidak sedikit lingkungan mempengaruhi/menyebabkan seseorang menjadi pecandu miras. Dimana dalam hal ini apabila dalam suatu lingkungan banyak orang yang menjadi peminum tentu banyak anak/pemuda yang terjerumus dalam dekap miras. Ini disebabkan karena orang itu menjadi malu bergaul apabila tidak bias minum miras. Atau orang yang tidak bias minum miras merasa diacuhkan , sehingga terpaksa ikut minum miras. Selain itu orang cendrung mengkuti apa yang dilakukan oleh orang banyak termasuk minum miras. Apalagi jika dalam lingkungan keluarga juga terdapat peminum maka resiko mejadi peminum sangat besar.
Faktor ekonomi juga menyebabkan orang menjadi peminum. Kesulitan ekonomi sangat memiliki pengaruh pada orang- orang seperti banyak orang yang terbebani sehingga mereka meluapkan problema tersebut melalui minum miras. Kesulitan ekonomi ini juga menyebabkan banyak orang membuat miras oplosan. Sebab mereka tidak mampu mimbelu minuman keras yang asli sebab harganya mahal. Sehingga kini banyak yang mengoplos miras.
Pendidikan yang kurang serta daya tangkap/pemahaman tentang bahaya / dampak miras oplosan terhadap kesehatan sehingga masih banyak orang yang minum miras oplosan yang jelas-jelas berbahaya bagi kesehatan.

BAB III
PENUTUP

3.1 Simpulan
Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan miras oplosan sangat berbahaya bagi kesehatan dimana miras oplosan mempunyai dampak/efek seperti: efeknya bisa memicu gagal jantung. Alkohol dengan satu atom karbon atau metanol umumnya digunakan sebagai pelarut atau bahan bakar, sehingga sangat beracun jika diminum. 10 mL methanol cukup untuk menyebabkan kebutaan dan 30 mL akan menyebabkan dampak lebih fatal termasuk kematian.

Alkohol dan minuman berenergi memiliki efek berlawanan. Alkohol bersifat menenangkan, sedangkan suplemen berfungsi sebagai stimulan. Jika digabungkan. Selain itu efek samping paling nyata dari jenis oplosan yang mengandung obat-obatan adalah kerusakan hati dan ginjal. Efek lainnya sangat beragam, tergantung jenis obatnya. Dan apabila mengkonsumsi miras oplosan secara berlebihan secera terus menerus dapat merusak jaringan saraf yang ujung-ujungnya dapat menyebabkan kematian.

3.2 Saran-saran
1. Bagi generasi muda diharapkan agar tidak mengkonsumsi miras oplosan, sebab dapat membahayakan kesehatan.
2. Pemerintah tentu perlu memperhatikan masalah miras oplosan ini, sebab miras oplosan ini telah banyak memakan korban.
3. Perlu dilakukan penyuluhan/seminar tentang bahaya miras oplosan .
4. Perlunya kesedaran dari berbagai pihak seperti pemerintah dan masyarakat dalam penanganan masalah miras oplosan .

DAFTAR PUSTAKA

_____________.2010. Bahayanya Minuman Keras Oplosan. http://www.google.com/detikhealt june 2010
_____________. 2010. Minuman Keras di Kudus Mengandung Methanol.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s